Training Needs Analysis




Workshop "Training Needs Analysis”

PENGANTAR

Pelatihan (training) adalah salah satu cara merubah perilaku manusia melalui kegiatan pembelajaran dan praktek. Para pengelola SDM di perusahaan/organisasi menyadari pentingnya training untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Paradigma saat ini memandang training bukan lagi sebagai biaya (cost) tetapi benar-benar merupakan investasi.

Pertanyaan yang sangat esensial adalah: bagaimana agar training benar-benar mempunyai dampak yang positif sehingga dapat diterima sebagai investasi?
Langkah pertama dan paling mendasar adalah memastikan program-program training yang dilakukan benar-benar sesuai kebutuhan perusahaan/organisasi. Jika tidak, maka training dilaksanakan secara reaktif, impulsif, tidak terencana, sesuai dengan topik yang disenangi (bukan yang dibutuhkan) dan jangan heran jika nanti training dianggap buang-buang waktu dan uang. 

Satu-satunya cara yang paling efektif adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan training melalui aktivitas yang disebut Training Needs Analysis (TNA).

Pelatihan ini memfasilitasi peserta agar dapat mengidentifikasi kebutuhan training sesuai dengan tujuan strategis perusahaan/organisasi.

TUJUAN
1.       Menganalisis tujuan strategis perusahaan disejajarkan dengan kegiatan training
2.       Mengidentifikasi kebutuhan training berdasarkan kebutuhan organisasi, tugas dan individual
3.       Menyusun skala prioritas kebutuhan training

MANFAAT
  • Membantu perusahaan melaksanakan training sesuai dengan kebutuhan bukan sekedar berdasarkan keinginan atau topik yang sedang digemari
  • Meningkatkan efisiensi biaya yang dikeluarkan sehingga menjadi investasi yang berguna


METODOLOGI
  1. Lecturing/Konsep
  2. Case Study and Discussion
  3. Workshop


TARGET PESERTA
Para Praktisi HR/Unit Leader/Top Leader/Business Owner

Keterangan lebih lanjut hubungi:

 Xperiential and Professional Training (XP training)
Jl. Monjali No. 45 Sinduadi Mlati 
Sleman Yogyakarta 55284
E-mail: training@xp-training.info
HP/WA : 08122758968

Comments